PAM Peduli Kesehatan dengan Khitan

Adalah salah satu sunah rosul yang wajib dilakukan bagi setiap laki laki muslim. Terdapat banyak hikmah dalam sunah rosul. Selain melakasnakan perintah Allah swt dengan berkitan juga mempunyai manfaat untuk kesehatan/kebersihan .

Hadits riwayat Ahmad, dan Baihaqi

الختان سنة في الرجال، مكرمة في النساء

Khitan itu sunnah bagi laki2 dan kemuliaan bagi wanita.

Hadits riwayat Bukhary & Muslim

الْفِطْرَةُ خَمْسٌ – أَوْ خَمْسٌ مِنَ الْفِطْرَةِ – الْخِتَانُ وَالاِسْتِحْدَادُ وَنَتْفُ الإِبْطِ وَتَقْلِيْمُ الأََظْفَارِ وَقَصُّ الشَّارِبِ

Fithroh itu ada lima: Khitan, mencukur rambut kemaluan, mencabut bulu ketiak, memotong kuku, dan memotong kumis .

QS An-Nahl :123

ثم أوحينا إليك أن اتبع ملة إبراهيم حنيفاً وما كان من المشركين). [النحل:123]

Kemudian Kami wahyukan kepadamu (Muhammad): “Ikutilah agama Ibrahim seorang yg hanif” dan bukanlah dia termasuk orang2 yg mempersekutukan Tuhan”.

Demikianlah perintah khitan jeias telah Allah perintahkan dalam Al Quran dan hadist, dan kita wajib menjalankannya. Berhitan biasanya dilakukan dari anak usia 7 hari atau sampai sebelum baligh. Setiap orang tua pastilah punya niat utk mengkhitankan anaknya. Tetapi terkadang ada sebagian  orang/keluarga yg tidak beruntung, dengan kondisi  ekonominya. Disinilah peran kita sangat dibutuhkan sebagai sesama muslim untuk meringankan beban saudara kita. Bawasanya  muslim itu bersaudara…dan kita adalah satu bangsa dengan beragam suku dan agama, tapi itu tidaklah menghalangi kepedulian kita terhadap sesama. Karna setiap agama pastilah mengjarkan tentang kebaikan.

Yayasan PUNDI AMAL MULIA sebagai lembaga yang bergerak dibidang sosial  keagamaan berusaha mewadahi/membantu masyarakat yang tidak mampu, sebagi wujud kepedulian. Disini kami tidak berdiri sendiri, tetapi jusrtu peran serta masyarakatlah sangat diperlukan. Dengan ikut berdonasi di YAPAM akan sangat membantu sebagian saudara kita yg membutuhkan, baik utk program khitan, TPA/pendidikan, ekonomi, sarana asrama yatim, atau program lainya. Kali ini ananda Fajar Romadhana, Yang lahar di tangerang, 22-8-2010 kelas 3 SD, salah satu anak yatim binaan kami karena kondisi ekonomi orang tuanya memasrahkan kepada yayasan untuk segala keperluanya.

Dan alhamdulilahberkat kepedulian para dermawan telah terlaksana khitan ananda pada tgl 25 februari 2021.  Alangkah bahagianya melihat mereka tersenyum gembira. Mungin kecil bagi kita, tetapi luar biasa bagi mereka. Alhambulilah semua patut disyukuri, namun masih banyak lagi PR kita.Dan masih banyak Fajar yang lain menunggu uluran kita semua. Terus maju dan semangat utk membantu. Berbagi itu membahagiakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *